Cara Membuat Web CMS Joomla #1

Joomla adalah Content Management System (CMS) yang terbaik saat ini selain Drupal. Joomla bisa kamu buat sebagai blog, portal, forum dan lainnya tergantung dari kita untuk memilih modul yang sesuai kebutuhan kita.

Nah bagaimana cara membuat website dengan Joomla ?. Sebagian hosting sudah menyediakan fantastico installer. Kita juga bisa install Joomla di computer kita sendiri untuk menguji. Syaratnya kita harus sudah menginstal web server dengan PHP & MYSQL di computer kita.

Kita juga bisa langsung menginstal Joomla hosting berbayar atau yang gratis. Caranya kurang lebih sama. Kalau di local server root foldernya untuk XAMPP adalah htdocs sedangkan di hosting biasanya di folder public_html.

Berikut cara menginstal Joomla pada local server :

1. Download paket file Joomla dari situs http://joomlacode.org/gf/project/frs/
2. Paket Installer joomla yang kamu download adalah file dengan format zip. Oleh karena itu, ekstrak file tersebut terlebih dahulu.
3. Jika sudah buka folder XAMPP/htdocs dalam PC kamu. Buat folder baru dalam htdocs, misalnya joomla_folder.
4. Kemudian pindahkan file-file joomla yang telah di ekstrak ke dalam folder tersebut (joomla_folder).
5. Jalankan browser web kamu, lalu ketikkan alamat http://localhost/phpmyadmin pada addres bar dan tekan tombol enter
6. Muncul halaman phpMyAdmin. Buat database baru dengan mengetikkan teks misalnya “joomla_site” pada kotak teks Create new database. Sesudahnya tekanlah tombol Create.
7. Langkah selanjutnya, ketikan pada address bar browser web kamu alamat http://localhost/joomla_folder/ (sesuai dengan nama folder yang kamu buat di dalam folder htdocs.
8. Setelah kamu menekan tombol enter akan muncul halaman jooma installation. Tekanlah tombol Next.
9. Klik tombol Next hingga kamu nerada di halaman Database Configuration. Pada bagian Basic Setting lakukan pengisian sebagai berikut :
• Host Name : localhost
• User Name : root
• Database Name : joomla_site ( sesuai dengan nama database yang kamu buat)
10. Untuk kolom password tidak perlu di isi.
11. Kalau sudah, tekanlah tombol Next untuk beranjak halaman berikutnya.
12. Dihalaman FTP Configuration, tekan tombol Next.
13. Ketika kamu berada di halaman Main Configuration masukkan nama website, alamat email, dan password kemudian tekan tombol Install Sample Data.
14. Setelah kamu menelan tombol Next, kamu pun sampai ke halaman Finish.
15. Langkah selanjutnya adalah hapus folder Installation yang terdapat pada folder XAMPP/htdocs.
16. Jika sudah menghapus folder Installation, ketikan alamat http://localhost/joomla_folder/administrator/ untuk masuk ke halaman administrator joomla kamu.
17. Sesudah kamu tombol Enter, kamu akan dihadapkan pada halaman joomla administration Login. Masukkan username dengan nama admin dan password yang kamu masukkan pada kotak teks yang tersedia, kemudian tekan tombol login.

Kamu telah selesai menginstal joomla pada local server selanjutnya giliran kamu yang mengoprasikan joomla pada computer kamu.


7 comment:

download film said...

artikel yg bagus ulasannya mas, dan ini yg saya cari selama ini karena ulasannya cukup detail dan juga kalau bisa sekalian bagi teman2 yg suka dengan film box office ampe blu silakan kunjungi situsnya ya, karena itu terima kasih buat admin disini juga dan keep blogging he, makasi gbu

pemeliharaan mesin said...

keren

parking said...

bagus

armstrong indonesia said...

mantap

motivator indonesia said...

salam kenal

parking said...

semoga bermanfaat

belajar forex said...

tips yang bagus

Post a Comment

ENDLESS PHOBIA